headerphoto

Jangan Copy PasteGila, bukan hanya blogger kawakan yang mengalami hal ini, blog yang baru seumur jagung pun mengalami nasib serupa. Disaat saya memasukkan keyword Bagaimana Tegangan Listrik 3 Fase 380 V Bisa Menjadi 1 Fase 220 V? (merupakan salah satu judul artikel yang saya tulis blog www.elektronikabersama.co.cc) pada search engine Google, yang muncul malah blog orang lain, dengan judul dan isi artikel yang sama persis, baik gambar maupun tulisannya.

Kemudian saya ketahui bahwa domain co.cc dibanned oleh Google sejak 30 Juni 2011 kemarin. Imbasnya artikel di www.elektronikabersama.co.cc yang saya cari, lenyap ditelan pemblokiran. Sehingga munculah blog dengan domain lain yang aman, namun sungguh miris admin blog banyak melakukan tindakan copy paste terhadap artikel-artikel blog saya yang lagi meradang itu, tindakan yang sangat merugikan.

Disatu tempat orang bersusah payah membuka referensi, menulis artikel, memakai rumus, dan membuat gambar, dilain tempat orang dengan mudahnya menjiplak. Disatu tempat orang butuh waktu yang lama untuk menentukan referensi, mengedit gambar, dan berimprovisasi, dilain tempat orang butuh waktu hanya beberapa detik saja untuk hasil yang sama. Cukup jelas, proses tindakan ini berbeda dan tidaklah sama. Untungnya Google cukup jeli, dia menghargai proses bukan hasil.

Bagi saya, peristiwa pemblokirannya domain co.cc dan tindakan copy paste menghadirkan nuansa baru, disatu sesi semua artikel lenyap dari peredaran Google dan disesi yang lain muncul blogger pembajak. Dua-duanya saya alami, jadi saya bilang tindakan tersebut sama sadisnya.

Kawan, marilah kita saling menghargai. Jangan buat orang lain merana. Jadilah dirimu yang sesungguhnya, buat improvisasi, dan beri saya kopi item jangan copy paste!

Next→
←Prev

Terkait

Share: FB-share Twitter-share

Join dan Dapatkan Info Terbaru via Email

8 komentar

  1. Setuju...... klopun ttep ingin copy-paste jga ,lebih baik mencantumkan sumber yang bnar ,blog sya jga ada artikel yang copy-paste ,ttapi slalu meninggalkan sumber di akhir artikel... dan buat postingan asli yg sya buat sya pun slalu mencantumkan Originally Posted di akhir post..

    keep spirit 4 blogger :c:

    BalasHapus
  2. @ADMIN: Jadi, tidak asal copy paste ya Bang!
    atau mungkin lebih tepatnya, mencantumkan link sumber dengan benar, sebagai bentuk penghargaan.

    BalasHapus
  3. Hidup anti copy paste hehe

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Manusia pengennya instan, namun yang instan cepat lupanya :f:

    http://idblogku.blogspot.com | Terinspirasi dari Sobat

    BalasHapus
  6. sungguh tidak terhormat blogger yg demikian itu. Tulisan saya yg saya pikir tak begitu bagus namun hasil pemikiran dan olah kata sendiri juga ada yg copas sama persis. bijaksanalah wahai copaster.
    Kopi item maksudnya ap bos?

    BalasHapus
  7. saya orang yang suka copy paste dari blog orang lain namun begitu saya tetap menghormati blog sumber dengan mencantumkan sumbernya di bawah tulisan copy paste di blog saya.
    jangan lupa berkunjung berkumjung ke blog saya :
    http://ermansikumbangnet.blogspot.com

    BalasHapus
  8. :a: sabar ya bray jadi sedih nih

    BalasHapus