headerphoto

Bagi Anda yang bekerja dibidang elektro atau listrik, tentu paham dengan istilah wiring diagram.

Wiring diagram adalah skema pengawatan listrik yang dibuat berupa jalur-jalur aliran listrik mulai dari input power sampai output beban dalam satu rangkaian mesin, hingga membentuk suatu sistem kontrol mesin yang telah ditetapkan.

Ceritanya rekan saya menawarkan kerja sampingan, beliau memiliki mesin mixer dengan kondisi motor-motor penggeraknya tidak bisa beroperasi.


Tugas saya membuat pengawatan listrik sedemikian rupa hingga motor-motor penggeraknya bisa kembali berfungsi. Ya! tugas saya membuat wiring diagram, sekaligus memasang rangkaiannya. Jadi saya akan berikan contoh sederhana Wiring Diagram Motor Industri



Untuk mesin ini gambar wiringnya seperti ditunjukkan dibawah ini


Tambahan pembahasan mengenai wiring diagram, klik saja Elektronika Bersama: wiring diagram

Kawan-kawan yang ingin belajar ilmu listrik dan elektronika (dalam bahasa Inggris namun ada translatornya ke bahasa Indonesia), silahkan klik Electricity and Electronic
Next→
←Prev

Artikel Terkait

Pilih Label

Baca lagi

6 komentar

  1. software yang digunakan apa? tlg di share ya

    BalasHapus
  2. Untuk saat ini saya masih menggunakan logika manual berdasarkan ilmu yang dimiliki dan pengalaman kerja saja, jadi belum menggunakan software apapun.
    Kalau Kang Sapta Novit perlu informasi lebih detail mengenai wiring diagram atau kontrol motor industri, bisa menghubungi saya (lihat di tab Profil). Insya Alloh saya akan bantu, tentunya sesuai dengan kemampuan.

    BalasHapus
  3. sekedar info kang... http://www.pcschematic.com/ bisa download gratis software untuk buat wiring diagram kelistrikan, maupun pneumatik, dll... tp cuma demo doank.

    BalasHapus
  4. Terima kasih kang Sapta atas informasi software gratis untuk buat wiring diagramnya. Itu sangat berguna bagi seorang tukang listrik seperti saya.
    Satu lagi, blog akang bagus euy..

    BalasHapus
  5. Apakah diagram ini, Timernya akan Off saat sudah masuk Delta?

    Thanks

    BalasHapus

No spam, no active link, please ^_^