headerphoto

Anda memiliki Blog dengan banyak komentar? Selamat, berarti blog Anda ramai pengunjung (tidak seperti Blog ini yang sepi, hik hik hik). Namun apakah comment widget Anda sudah maksimal menampilkan postingan komentar kawan-kawan dan tentu saja sesuai dengan selera Anda? atau malah belum pasang!

Banyak tips cara memasang widget recent comment atau komentar terbaru yang diberikan oleh kawan-kawan Blogger dan cukup mudah kita aplikasikan. Pada postingan yang lalupun pernah saya bahas bagaimana cara memasang recent comment [klik disini] namun beberapa widget tersebut sepertinya belum menarik selera Anda, mengapa?
- Jumlah komentar yang muncul hanya bisa ditampilkan maksimal 5 komentar.
- Update dari postingan kawan yang baru berkomentar, biasanya telat muncul bahkan bisa mengalami penundaan tayang komentar baru tersebut selama 5 menit untuk bisa tampil pada widget recent comment.
- Setingan yang cukup rumit.
- Bahasa dan format yang digunakan. Ini terkesan sepele namun bagi Anda yang ingin Blognya tampil profesional, atau memiliki Blog bahasa Indonesia dan Blog bahasa Inggris, rasanya kurang pas comment widget-nya dipasang sama pada kedua Blog tersebut.

Untuk mengatasi hal-hal tersebut, coba Anda pasang comment widget yang menggunakan scrift seperti berikut ini:

Untuk bahasa Indonesia
<script style="text/javascript" src="https://storage.googleapis.com/google-code-archive-downloads/v2/code.google.com/moalmules/dodol.js"></script><script style="text/javascript">var numcomments = 5;var showcommentdate = true;var showposttitle = true;var numchars = 90;var standardstyling = true;</script><script src="http://planetcaang.blogspot.com/feeds/comments/default?alt=json-in-script&callback=showrecentcomments"></script>

Untuk bahasa Inggris ditambahkan kode “en” pada akhir nama judul file.js seperti tambahan “en” pada Google Adsense, yang debatible.
<script style="text/javascript" src="https://storage.googleapis.com/google-code-archive-downloads/v2/code.google.com/moalmules/dodolen.js"></script><script style="text/javascript">var numcomments = 5;var showcommentdate = true;var showposttitle = true;var numchars = 90;var standardstyling = true;</script><script src="http://planetcaang.blogspot.com/feeds/comments/default?alt=json-in-script&callback=showrecentcomments"></script>

Perbedaan keduanya terletak pada format tanggal: 12 Des 2009 atau Dec 12 2009, nama bulan: Des atau Dec, dan tag: “komentar di” atau “commented on", menarik bukan?

Adapun pemasangan scrift recent comment atau komentar terbaru tersebut pada Gadget HTML Blog [lihat disini]. Sebelum disimpan, seting dulu seperti dibawah ini:
- Ganti http://planetcaang.blogspot.com dengan alamat blog Anda
- Untuk menambah atau mengurangi jumlah komentar, ganti angka 5 dari var numcomments = 5;
- Untuk menghilangkan tanggal atau judul posting yang dikomentari, ganti variable true menjadi false pada var showcommentdate = true;var showposttitle = true;
- Untuk menambah atau mengurangi jumlah karakter (huruf) isi komentar, ganti angka 90 dari var numchars = 90;

Jadi Blog-blog Anda memiliki perbadaan yang cukup berarti, biarpun itu hanya hal kecil saja. Dan bukankah hal-hal yang besar dimulai dari hal-hal yang kecil?
Next→
←Prev

Artikel Terkait

Pilih Label

Baca lagi

8 komentar

  1. nah ini dia yang di cari2..thanks sob

    BalasHapus
  2. mantap juga sob!!!
    tapi pengunjung blogku pada ga mau kasih komen nih sob. jadi males juga pasang

    ----
    yogi

    BalasHapus
  3. @ Ipin @ Download gratis software
    Terima kasih atas komentarnya, dengan kita memberi komentar untuk Blog lain berati kita membangun kredibilitas Blog kita sendiri.
    Seperti kata pepatah lebih baik memberi daripada menerima, jadi tetap semangat & jangan males pasang script-nya sebelum nanti kebanjiran komentar!

    BalasHapus
  4. keren coy makasih infonya y oh iy menarik gak tuch

    BalasHapus
  5. Seeep........' tak coba dulu.

    BalasHapus

No spam, no active link, please ^_^