headerphoto

Sejak lahir, Ubuntu menjadi inspirasi bagi developer distro yang berujung pada lahirnya puluhan distribusi berbasiskan Ubuntu. Dengan demikian Anda yang menginginkan Sistem Operasi Ubuntu, namun kurang cocok dengan beberapa aspek di Ubuntu, bisa memilih yang lebih cocok dengan selera Anda, bahkan sebelum Anda membangun satu lagi distro turunan.

Turunan Ubuntu dapat dibedakan menjadi turunan resmi dan turunan tidak resmi. Perbedaannya kalau turunan resmi dikontrol oleh Canonical, sedangkan turunan tidak resmi tidak dikontrol olehnya.

Turunan Resmi

Berikut ini adalah turunan resmi Ubuntu:
- Kubuntu (http://www.kubuntu.org/) merupakan turunan Ubuntu yang menggunakan KDE sebagai desktop environment. Sebagai konsekuensi penggunaan desktop KDE, berbagai aplikasi KDE digunakan sebagai alat bantu. Aplikasi yang disertakan juga umumnya aplikasi dengan GUI toolkit Qt.


- Edubuntu (http://edubuntu.org/) merupakan turunan Ubuntu yang dikhususkan untuk dunia pendidikan. Untuk mendukung pendidikan dengan arsitektur thin client, LTSP disertakan juga di dalam Edubuntu.


- Xubuntu (http://www.xubuntu.org/) merupakan turunan Ubuntu yang menggunakan Xfce sebagai desktop environment. Sangat cocok bagi yang ingin menggunakan Ubuntu dan paket-paketnya, namun tidak suka atau tidak bisa menggunakan Ubuntu (GNOME desktop) atau Kubuntu (KDE desktop). Sebagai desktop, Xfce lebih ringan dibandingkan dengan GNOME atau KDE, sehingga lebih cocok digunakan pada komputer yang relatif lebih lambat. Aplikasi default yang disertakan umumnya adalah aplikasi dengan GUI toolkit GTK+.


- Ubuntu Studio (http://ubuntustudio.org/) merupakan turunan Ubuntu yang memfokuskan pada pekerjaan yang berhubungan dengan audio, video, grafik, dan multimedia secara umum.


- Gobuntu (http://www.ubuntu.com.products/whatisubuntu/gobuntu) merupakan turunan Ubuntu yang hanya datang dengan free software saja. Berbeda dengan Ubuntu dan turunan lain yang datang pula dengan dukungan software non free. Awalnya nama Gnubuntu akan digunakan, namun tidak disetujui oleh Richard Stallman.


- Mythbuntu (http://mythbuntu.org/) merupakan turunan Ubuntu yang digunakan untuk bekerja dengan MythTV. Informasi tentang MythTV bias dibaca di http://www.mythtv.org/


- Ubuntu JeOS (dibaca sebagai Juice, http://www.ubuntu.com/products/whatisubuntu/serveredition/jeos) merupakan turunan Ubuntu untuk virtual appliance.


- Ubuntu Mobile (http://www.ubuntu.com/products/mobile) merupakan turunan Ubuntu untuk produk Mobile Device.


Next→
←Prev

Terkait

Share: FB-share Twitter-share

Join dan Dapatkan Info Terbaru via Email

3 komentar

  1. ubuntu maning ...ubuntu maning....son, eh kuntu...he.. he..

    BalasHapus
  2. Linux Open Source adalah solusi bijak memilih Operating System yang Free, legal, dan tetap nggak kalah cantik, contohnya Ubuntu

    BalasHapus
  3. sip, ini yang saya cari. baru tau ada go buntu

    BalasHapus