headerphoto

Sudah seminggu ini komputer saya mengalami kerusakan. Kasusnya komputer selalu restart, tidak mau boot ke Windows, muncul ke opsi safe mode begitu di klik pun kembali restart. Masuk ke Linux hasilnya komputer error, kernel panic, boro-boro nyampe ke desktop malah hang alias mandeg. Boot menggunaan CD Installer Windows, LiveCD Linux, hasilnya sama error dan kembali restart. Mau di instal ulang sistem jadi nggak bisa.

Utak atik BIOS ke setingan default dan setingan optimized pun nihil gak ada hasil. Kumaha ieu euy?
Pikiran saya kalau kena virus di Windows harusnya sistem Linux tetap berjalan, jadi bukan masalah softwarenya kan! Lalu apa ya Bro?

Tanya sana sini, tanya mamang Google, tips yang saya peroleh di coba mulai dari bongkar casing, bersihkan RAM dan tukar slot, reset BIOS, cabut pasang kabel-kabel, ganti kipas prosesor, sampe membersihkan Mother Board, hasilnya komputer djadoel saya jadi mengkilap kaya baru dan siap untuk di kilo (he.. he..)

Lanjut karena masalah belum selesai, dan ternyata ada hubungannya dengan komputer djadoel bahwa biasanya ada komponen di Mother Board yang minta ganti yaitu elco hamil, yang menyebabkan supply tegangan menjadi tidak stabil. Saya dapatkan ilmu ini saat browse pake ponsel dan lupa alamat situsnya. Intinya ada elco hamil yang harus diganti.
motherboard elco hamil
Saya coba ganti elco hamil 1500uf/6,3v sebanyak 6 buah. Cari di toko elektronika yang ada nilainya 1000uf/10v. Tanpa pikir panjang saya beli dan pasang sendiri.
Bismillah
Saatnya mencuba, colok steker CPU, tekan tombol power, set BIOS, Boot LiveCD Linux
Alhamdulillaaaah berhasil
Pun begitu saat boot dari Hard Disk ke OS Windows maupun Linux
Kesimpulan: harus sabar kalau punya komputer djadoel, setuju?

Kawan-kawan yang ingin belajar ilmu listrik dan elektronika (dalam bahasa Inggris namun ada translatornya ke bahasa Indonesia), silahkan klik Electricity and Electronic
Next→
←Prev

Artikel Terkait

Pilih Label

Baca lagi

3 komentar

  1. gwwe stuju,,,,bt elu2 yg jadul emang musti punya kesabaran tinggi,,,!
    tp yg laen juga perlu bgt....qt semua emang wajib punya kesabaran tinggi,coz ni akan membawa dampak sangat baek bt diri qt,dan umumnya bt orang laen,,,
    key mungkin tu ja,kalian jg dh pd ngerti lebih dr gw.,,,
    thank n good job...

    BalasHapus
  2. siapa tuh yang ngehamilin c elco? kasusnya sama dgn komputer sy yg sering restart, thanks ya informasinya

    BalasHapus
  3. bos d kompi ane ada 3 elco yg hamil kira2 resikonya apa kalo elco pengganti gak sama...! Walaupun 3 elco hamil saat ini kompi jalan normal.

    BalasHapus

No spam, no active link, please ^_^