headerphoto

distro_watchMengenal dan belajar Linux. Tahukah kawan berapa banyak distro Linux yang tersebar di seluruh penjuru bumi ini? ratusan! Ya, betul jawabannya memang ada beratus-ratus distro Linux yang tersedia di planet biru ini. Distro-distro Linux tersebut, sedianya dapat digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja (GRATIS, Coy!), tinggal kitanya, mau nggak mengenal dan belajar sistem operasi yang berlogo seekor Pinguin tersebut?

Saya pernah mengupas beberapa distro Linux, diantaranya Linux Puppy dan Ubuntu. Ubuntu sendiri memiliki turunan-turunan, ada yang menjadi turunan resmi seperti: Kubuntu, Edubuntu, Xubuntu, Ubuntu Studio, Gobuntu, Mythbuntu, dan Ubuntu JeOS, ada juga yang merupakan turunan tidak resmi, seperti: Alinex, AndLinux, Fluxbuntu, Elbuntu, Freespire, GnewSense, Goobuntu, gOs, Hiweed Linux, Impi Linux, Linux Mint, Linux MCE, Maryan Linux, Molinux, Nubuntu, OpenGEU, OzOs, Protech, Ubuntu Muslim Edition, Ubuntu Satanic Edition, Ubuntulite, PC/OS, dan Blankon. Ada berapa tuh? yang pernah saya ulas saja ada sekitar 30 distro Linux. Kalau kawan mau distro Linux yang lebih banyak lagi silahkan kunjungi situs DistroWatch.com

Melalui situs DistroWatch.com, yang mulai dipublikasikan tanggal 31 Mai 2001, kita bisa mengetahui informasi dari beraneka ragam distro Linux, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya ingin Linux untuk bermain game ada linuX-gamers, perlu Linux untuk ilmuwan seperti agan ada Scientific Linux, atau perlu Linux yang ringan ada Linux Puppy atau Mint, dsb.

Distro-distro Linux terbaru pun, informasinya diterbitkan disana, seperti screen shot dibawah ini

distro_terbaru_distrowatch
Sekedar ingin tahu Linux apa yang paling populer dan menduduki rangking teratas? contohnya screen shot dibawah ini

rangking_distro_versi_distrowatch
Wow ane nggak nyangka, saat ini Linux Mint (distro yang ane gunakan) menduduki rangking 1 di DistroWatch.com, menggeser posisi Ubuntu yang tak lain adalah mbahnya. DistroWatch.com sendiri dikembangkan oleh Ladislav Bodnar, seorang pria kebangsaan Slovakia.
Next→
←Prev

Artikel Terkait

Pilih Label

Baca lagi

2 komentar

  1. berkunjung sob..sukses selalu yah
    salam kenal :)

    BalasHapus
  2. Wah,info bagus,sob.Mumpung saya lagi jatuh cinta sama si cantik Linux.

    BalasHapus

No spam, no active link, please ^_^