headerphoto

Berbagai cara dilakukan oleh para blogger agar blognya ramah dengan mesin pencari, atau istilahnya SEO (Search Engine Optimization). Banyak blog atau situs besar yang rela membayar untuk teknik ini, dan banyak hal menyangkut teknik SEO ini. Sejatinya SEO mendatangkan pengunjung dari mesin pencari, dan pengunjung dari sana merupakan pengunjung paling potensial. Bisa dibayangkan blog atau situs yang pengunjungnya itu-itu saja, bisa saja pengunjung akan bosen, atau mungkin saja situsnya yang bosen.

Salah satu teknik SEO adalah optimasi template. Idealnya template yang digunakan pada blog merupakan template yang ringan. Template yang ringan bukan berati template sederhana atau terkesan minimalis. Dengan sedikit sentuhan, template yang kita gunakan bisa menjadi template yang SEO friendly.

Lihat sebagian kode HTML template blog dibawah ini
#wrap {

width: 995px;

margin: 0 auto;

padding: 0;

}


Lihat kode HTML template yang telah dioptimasi
#wrap { width: 995px; margin: 0 auto; padding: 0; }


Apakah template tersebut menjadi ringan?

Bila kita melakukan optimasi pada semua kode HTML template atau menjadikan satu baris untuk satu atribut CSS, hasilnya akan terlihat seperti tabel perbandingan jumlah baris dan ukuran file template dibawah ini.

tabel-optimasi-template-blog
Jadi sentuhan pada kode HTML template blog berhasil membuat template menjadi ringan, sehingga cocok dengan teknik SEO. Satu hal lagi yang perlu untuk diperhatikan, bahwa tindakan copy paste sangat tidak SEO.

Next→
←Prev

Terkait

Share: FB-share Twitter-share

Join dan Dapatkan Info Terbaru via Email

5 komentar

  1. siiiiiiipppppppp mluncur di template;;;;;;;;;;;

    BalasHapus
  2. mantab gan.. ternyata berpengaruh yah,, follow back yah gan.. ada perubahn d followersku..

    BalasHapus
  3. saya coba bro..

    lihat hasilnya di blog saya ya...

    BalasHapus