headerphoto

Setelah mempunyai domain baru web.id yang saya beli dari IDwebhost untuk mengganti domain yang bermasalah co.cc, terkendala dengan direct atau mengarahkan domain blogspot ke domain web.id tersebut. Berbagai tutorial cara setting blogspot ke web.id menyarankan untuk mengarahkan dulu domainnya ke DNS Parking atau layanan penyedia DNS, seperti DNSPark, FreeDNS, atau Xname.

Sepertinya ulasan tutorial yang saya peroleh tidak up to date, karena banyak penyedia layanan DNS yang mengalami perubahan. Settingan A, TTL, dan Cname yang diperlukan untuk terparkir disana, sulit untuk saya taklukkan.

Ada pepatah mengatakan "Malu bertanya, sesat di jalan", maka saya coba menghubungi costumer support IDwebhost melalui chat YM. Saya tanyakan masalah mengarahkan domain blogspot ke domain web.id dan saya meminta bantuannya. Sungguh, mereka bekerja dengan sangat bagus.

chatting-ym
Begitu diberitahu bahwa saya tinggal setting di akun blogspot, maka:
  1. Masuk ke Dasbor - Setelan - Penerbitan
  2. Klik Domain Ubahsuaian, untuk mengarahkan nama domain terdaftar milik Anda sendiri ke blog Anda
  3. Klik Beralihlah ke setelan lanjut, karena sudah memiliki domain
  4. Masukkan nama Domain, isi Verifikasi Kata, klik Simpan Setelan
  5. Klik atau centang Mengarahkan elektronikabersama.web.id ke www.elektronikabersama.web.id, isi Verifikasi Kata, dan klik Simpan Setelan

    direct-blogspot-ke-web-id

Berhasil, blog Elektronika Bersama dengan domain baru www.elektronikabersama.web.id bisa kita dinikmati.

Next→
←Prev

Artikel Terkait

Pilih Label

Baca lagi

10 komentar

  1. ijin copy tulisannyanya mas untuk ditaru di blog saya "http://ermansikumbangnet.blogspot.com"
    berbagi itu indah.

    BalasHapus
  2. salam kenal gan, wah gampang bener ya, kok saya sulit daftar di MWN dengan url http://www.dadan.web.id

    BalasHapus
  3. Alahamdulillah. sudah berhasil gan terima kasih ya!!

    BalasHapus
  4. ane lagi cari referensi buat setting domain nh,, coba dulu yahh gan,,

    BalasHapus
  5. Mohon maaf setelah saya baca artikel anda ini, apakah benar semudah itu tanpa harus bayar / nambah biaya hosting lagi untuk manage dns di idwebhost nya ? karena saya sudah tanya ma 3 org sales tekniknya. tapi jawaban nya tetep sama "Solusinya pak pake hoting kita aja buat manage dns nya" (kita juga ada paket personal kok)Nanti bapak tinggal setting aja di blogger nya. Capeeeee deeeehhh !!! Kapan org indonesia mau pinter kalau apa2 aja duit,,duit,,duit,,

    BalasHapus
  6. Benar mas, saya tidak perlu nambah biaya lagi, untuk mendirect atau memanage dns domain elektronikabersama.web.id, kan bisa dilihat di gambar chat YM di atas, itu asli loh, bukan hasil sotosop :c:
    Tapi...
    Itu dulu mas (pertengahan tahun 2011) dan waktu itu untuk domain we.id emang gratis, kalo .com bayar. Pas saya buat domain baru lagi (sekitar awal tahun 2012), ternyata saya harus bayar untuk mendirect atau memanage dns domain web.id, katanya sih ada perubahan sistem.
    Jadi kesimpulannya waktu itu saya lagi beruntung cuma bayar domain aja.
    Saran saya, sekarang mah buat domain .com saja, biarpun lebih mahal dikit toh nantinya lebih powerful, seperti makin akrab dengan monetisasi.

    BalasHapus
  7. Wah ini info yg saya butuhkan, oy mas saya mau tanya sblmnya mas dpt domain dr id.webhost apa bukan?

    BalasHapus
  8. mampir gan http://hargamitsubishisurabaya.blogspot.com/

    BalasHapus
  9. ternyata mudah yah tidak serumit yang saya pikirkan. mksh infonya y gan. saya mau coba beli domain spy blog kelihatanya rada wah..

    BalasHapus

No spam, no active link, please ^_^