headerphoto

Butterfly Linux mintAda satu hal lagi yang menjadi kelebihan distro ringan ini (selain indah, elegan, dan sudah memaketkan player mp3 secara langsung) yaitu kemampuannya untuk read-write (baca tulis) partisi Windows FAT, FAT32, maupun NTFS. Berbeda dengan distro Linux pada umumnya, yakni perlakuan read-write partisi Windows hanya untuk filesystem FAT atau FAT32, sedangkan filesystem NTFS diperlakukan sebagai read-only (baca saja). Lihat di Linux dan Konsep Partisi Hard Disk

Filesystem FAT, FAT32 biasanya digunakan untuk Win ME, Win 98, Win 95, atau yang lebih lama. Sedangkan filesystem NTFS digunakan untuk Win2000, Win XP, Vista, atau yang lebih baru. Adapun kalau filesystem FAT, atau FAT32 lebih rentan keamanannya bila dibandingkan dengan NTFS, dan itu salah satu kemungkinan Microsoft selaku mbahnya Windows membuat pembaruan filesystem untuk Win keluaran barunya.

Dengan kemampuannya untuk read-write pada sebagian besar partisi Windows, kita bisa mengawinkan Linux Mint dengan Windows versi manapun secara mudah. Namun yang penting dengan versi terbarunya bukan?atau yang menggunakan filesystem NTFS. Yang lebih penting lagi apabila kita menyimpan file hasil ketikan dari MS Word di My Documents pada partisi C: atau partisi sistem Win, file tersebut akan bisa dibuka, diedit, ataupun dihapus melalui Linux Mint. Memindahkan atau Copy Paste file-file dari partisi Linux ke partisi sistem Win atau sebaliknya pun dapat dilakukan melalui Linux Mint. Atau yang biasa bermain petak umpet dengan virus menjengkelkan dan susah dihapus di Win, bisa coba menghapusnya melalui Linux Mint.

Dibawah ini tabel informasi perlakuan berbagai partisi oleh Linux Mint
kelas partisi linux mint5

Semoga bermanfaat..
Ayo Stop atau Kurangi (kalo belum bisa) Pembajakan! Go Linux

Next→
←Prev

Terkait

Share: FB-share Twitter-share

Join dan Dapatkan Info Terbaru via Email

4 komentar

  1. mantap...tuk linux, mudah2an bisa terus berkembang...

    BalasHapus
  2. Betul kang Insan, semoga Linux terus berkembang dan mudah-mudahan makin banyak Blogger yang menggunakan Linux (disamping Win Oreo..)

    BalasHapus
  3. wah bener kang, kadang ada bug atau virus yang susah dihapus di windows..benar2 menjengkelkan

    BalasHapus
  4. Linux..bisa terus berkembang, tp saya jg sdikit khawatir virus linux ikut berkembang jg...saya hanya melihat pengalaman dari Windows...mungkin bagi pengguna Linux hrs berhati-hati jgn terlalu PD. bkn nakut-nakutin tp, sekedar mengingatkan...karena gak ada yg sempurna..OK kang..Hade blog na....

    BalasHapus