headerphoto

Pengalaman kali ini yang akan saya bagikan berkenaan dengan instal ulang sebuah laptop. Merknya Acer Aspire 4715z. Sebelumnya kalau menginstal ulang komputer atau PC sudah sering dilakukan namun untuk yang satu ini akan menjadi tantangan.

Saat dimulai penginstalan operating system (win xpsp2), berjalan baik hanya suaranya belum keluar. Kemudian saya pasang CD driver bawaannya, dan melakukan berbagai penginstalan. Setelah itu saya lihat di device manager tidak ada driver yang bermasalah. Lanjut dengan penginstalan software-software yang dibutuhkan dan semuanya normal. Alhamdulillah, tugas pun selesai dan saya matikan tuh laptop untuk saya benahi.

Namun yang terjadi laptop nya tidak mau mati, biarpun bermenit- menit setelah shutdown saya tunggu, duh... (kayanya perlu karung basah nih!)

Hampir satu minggu dikerjain oleh si Acer, coba dengan: hacking registry, edit msconfig, pasang registry cleaner, utilities, tune up, semua itu berhasil membuat saya puyeng namun tidak berhasil mematikan si Acer, duh... (nyut nyut nyut)

Hasil yang menggembirakan datang dari the orange blog-hairulef dan mdianapriyanto web blog, permasalahan saya terpecahkan karena si Acer bisa mati. Saya simpulkan seperti ini langkah atau urutan untuk instal ulang laptop Acer Aspire 4715z menggunakan OS win xpsp2:
1. Instal OS
2. Instal Chipset
3. Instal VGA
4. Instal Audio
5. Instal Wireless LAN
6. Instal software-software yang dibutuhkan

Catatan:
Untuk no. 2 dan 3 diusahakan down load driver yang kompatible dengan xp, karena CD bawaannya hanya kompatible dengan vista.
Untuk no. 4, 5, dan 6 boleh menggunakan CD bawaannya. Hanya (ini nih yang jadi biang kerok!) JANGAN MENGINSTAL DRIVER WEB CAM!, sekali lagi, JANGAN MENGINSTAL DRIVER WEB CAM! cukup instal aplikasinya saja dan biar xp pasangkan drivernya secara otomatis.

Kawan-kawan yang ingin belajar ilmu listrik dan elektronika (dalam bahasa Inggris namun ada translatornya ke bahasa Indonesia), silahkan klik Electricity and Electronic
Next→
←Prev

Artikel Terkait

Pilih Label

Baca lagi

1 komentar

No spam, no active link, please ^_^