headerphoto

Saya pernah dengar ceramah dari da`i kondang Aa Gym entah dari televisi, radio atau dari koran yang intinya adalah kalau kita ingin berhasil maka kita harus kerja keras, kerja cerdas dan juga kerja ikhlas. Lalu apa definisi dari ketiga istilah tersebut?

Kerja keras adalah kalau kita bekerja semata mata hanya mengandalkan otot, contohnya adalah (maaf) tukang becak, tukang angkat batu, kuli panggul dsb. Lihatlah mereka saudara saudara kita itu bekerja dengan sangat keras sekali terkadang sangat keras malah. Mereka bekerja dari pagi buta sampai menjelang malam, membanting tulang. Istilahnya kaki dijadikan kepala dan kepala dijadikan kaki untuk mengais rejeki. Dan lihatlah berapa penghasilan mereka, sangat minim…….., bahkan bisa dibilang sangat sangat minim dan sangat tidak sebanding dengan kerja keras yang mereka lakukan.
Ironis memang tapi itulah realitasnya. Lalu apa itu kerja cerdas ?

Kerja cerdas adalah kalau kita bekerja tidak semata mata menggunakan otot tapi juga menggunakan otak. Lihatlah saudara saudara kita lagi yang kerjanya mungkin Cuma ongkang ongkang kaki atau cuma tunjuk sana tunjuk sini tapi penghasilannya wow…..ruarrrrrrrrrr……. biasa ( maksudnya luar biasa gitu loch) contohnya lihatlah para pengusaha baik skala besar atau kecil, mereka bekerja relative lebih ringan tapi mendapatkan penghasilan yang relative lebih besar di bandingkan mereka yang bekerja semata mata hanya menggunakan otot. Jadi kalau kita kerja jangan cuma mengandalkan otot tapi pergunakan juga otak kita dan itu hasilnya akan luar biasa. Yang terakhir adalah kerja ikhlas.

Kerja ikhlas adalah apabila kita bekerja bukan cuma semata mata untuk mendapatkan uang atau upah dari apa yang kita kerjakan tapi kita niatkan bahwa kerja kita ini di niatkan sebagai ibadah atau pengabdian kita kepada Tuhan yang maha kuasa yaitu Allah SWT. Jadi kerja ikhlas adalah kerja yang di niatkan semata mata untuk mencari keridhoan Allah SWT dan insyaAllah kita akan mendapatkan pahalanya dari Allah SWT. Tentunya kalau kita kerja ikhlas biasanya kita akan mendapatkan efek samping dari kerja ikhlas yang kita lakukan itu berupa upah atau imbalan dari hasil kerja kita itu. Jadi kerja ikhlas akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus, insyaAllah. Jadi diantara ketiga macam kerja di atas, manakah yang terbaik? Yang terbaik adalah apapun kerja yang kita lakukan sisipkan juga kerja ikhlas mengiringi kerja yang kita lakukan. Contoh kalau kita melakukan kerja keras sisipkan juga kerja ikhlasnya maka kita akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus ya upah ………, atas kerja keras kita juga pahala dari Allah SWT. Begitu juga dengan kerja kerja cerdas, kitapun dapat dua keuntungan sekaligus, tapi yang terbaik dari yang terbaik adalah kerja keras dan kerja cerdas dibarengi dengan kerja ikhlas maka hasilnya wooooww….dahsyaaaaat!!! keuntungan dunia akhirat akan kita dapatkan, insyaAllah. Jadi silahkan mana yang anda pilih.

(Sumber dari Blog Sahabat rahmatpunya)

Next→
←Prev

Terkait

Share: FB-share Twitter-share

Join dan Dapatkan Info Terbaru via Email

3 komentar

  1. wah hebat lah...., mirip mirip punya siapa ya ?...ya iya lah...... hehe....he.

    BalasHapus
  2. Cie.. Cie.. Cie.. Yang punya mobi bisa aza nih. Kan dah izin Ji, sekalian promo blog gratis

    BalasHapus
  3. Kerja keras adalah energi kita, energi kita adalah kerja keras, meski kadang kerja keras membuat kita kehabisan energi, namun tak bisa di pungkiri dari kerja keras kita bisa bisa makan dan menambah energi kita untuk bekerja keras. Lah.... jadi spam.. bolak-balik tak ada habisnya... hehehehe...

    BalasHapus